Samsung NX Mini, Kamera "Mirrorless" Terkecil untuk "Selfie"

KOMPAS.com — Kamera jenis mirrorless dikenal memiliki ukuran fisik relatif lebih kecil dibandingkan DSLR. Beberapa produsen mencoba mengecilkan ukuran mirrorless lebih jauh lagi, misalnya Pentax dengan seri Q dan Panasonic dengan Lumix GM1.

Nah, Samsung kini bergabung dengan jajaran pembuat kamera mirrorless mungil melalui produk baru bernama NX Mini. Dikutip dari PetaPixel, NX Mini merupakan kameramirrorless tertipis di dunia, dengan bobot sekitar 160 gram dan ketebalan hanya 23 mm.

Untuk mencapai ukuran sekecil itu, Samsung menggunakan sensor 20 megapiksel 1 inci yang berukuran serupa dengan sensor pada kamera saku Sony RX 100. Bedanya, lensa pada NX Mini bisa dilepas dan diganti-ganti.

Samsung turut mengumumkan tiga jenis lensa dengan mounting jenis baru (NX-M) untuk mendampingi NX Mini, yaitu sebuah lensa zoom 9-27 mm (setara 24-70 mm dalam format 35 mm) f/3.5-5.6, serta dua lensa prime 9 mm (ekuivalen 25 mm)  f/3.5 dan 17 mm (ekuivalen 45 mm) f/1.8.
Samsung
NX Mini menggunakan sensor 1 inci dengan resolusi 20 megapixel, serta mounting lensa baru bernama NX-M
Para pemilik kamera mirrorless Samsung jenis lain bisa turut memasang lensa mereka pada NX Mini dengan membeli adapter yang dijual terpisah.

NX Mini memiliki layar sentuh berukuran 3 inci yang dapat ditekuk 180 derajat menghadap ke arah depan sehingga bisa dipakai untuk melakukan foto selfie, misalnya dengan alat tongsis.

Electronic shutter pada NX Mini mampu mencapai kecepatan yang terbilang sangat tinggi untuk ukuran kamera "mini", yaitu 1/16.000 detik. Spesifikasi lain mencakup burst rate 6 FPS serta konektivitas WiFi dan NFC.

Samsung menyediakan NX Mini dalam beberapa pilihan warna, termasuk putih, hitam, coklat, dan merah muda. Kamera ini dijadwalkan mulai memasuki pasaran pada April mendatang dengan harga 450 dollar AS untuk paket kit dengan lensa 9 mm, dan 550 dollar AS untuk versi kit dengan lensa 9-27 mm.

Related Posts:

0 Response to "Samsung NX Mini, Kamera "Mirrorless" Terkecil untuk "Selfie""

Post a Comment